Foodie

Teknik Rebus Telur Soft Boiled Alias Enggak Kematangan

Yakin di google sudah bertebaran teknik merebus telur yang lembut (soft boiled). Saya pun awalnya coba dari salah satu resep di google. Secara sebagaimana kita tahu, telur rebus di pasaran sudah bisa dipastikan hard boiled. Alias direbus kelamaan hingga pinggiran kuning telurnya jadi kehijau-hijauan.

Ilustrasi telur hard boiled. Perhatikan pinggiran kuning telur yang berwarna kehijauan.

Tapi coba kita tengok telur rebus yang dipakai sebagai garnish saat kita menyantap ramen. Ulala, kuning telurnya lembut sempurna. Tidak lagi cair, namun masih lembut. Beberapa orang (termasuk kawan saya) sangat anti akan telur rebus. Suatu saat ia berubah pikiran setelah saya suguhkan telur soft boiled buatan saya. Memasukkan telur dan perhitungan waktu rebus adalah dua teknik yang sangat penting dalam menghasilkan telur soft boiled. Perhatikan baik-baik caranya ya.

Ilustrasi telur soft boiled 7 menit dengan inkubasi di air es pasca rebus.

Memasukkan Telur
Jika ingin menghasilkan telur soft boiled, jangan sekali-kali memasukkan telur sebelum air mendidih. Pastikan Air telah mendidih. Air mendidih bersuhu 100 derajat selsius, atau secara kasat mata ditandai dengan munculnya gelembung didih. Bukan sekedar buih di dalam air, tapi gelembung air hingga permukaan.

Perhitungan Waktu Perebusan
Hitungan dimulai setelah telur masuk ke dalam air mendidih dan panci/ media masak ditutup. Ingat, ditutup. Rebusan telur yang ditutup akan berbeda dengan tidak ditutup. Gunakan stopwatch atau penghitung waktu mundur, dan set waktu yang diinginkan. Soft boiled favorit saya adalah 7 menit. lebih dari 7 menit maka kuning telur akan lebih padat, dan pada 10 menit kuning telur akan 100% padat. Kurang dari 7 menit akan cenderung menghasilkan telur rebus dengan kuning telur yang masih cair

Pasca Perebusan
Tak selesai hanya menghitung waktu. Setelah waktu 7 menit habis, angkat telur dan langsung masukkan ke dalam air es. Hal ini sangat penting untuk menghentikan proses pemanasan pada telur. Percuma jika telah dihitung 7 menit namun dibiarkan hingga dingin. Akhirnya akan keras alias hard boiled juga. Agar perhitungan waktu anda tidak sia-sia, persiapkan air dingin sambil menunggu waktu rebus.

Nah, demikian, dan selamat mencoba. Hasil telurnya seperti di atas. Konon katanya, memakan telur rebus hard boiled dapat menyebabkan bau kentut yang tak ketulungan. Berbeda dengan soft boiled,,, (saya belum berkesperimen terkait residu gas pasca menyantap telur soft boiled..)
Catatan: teknik ini tidak berlaku untuk proses masak secara massal ya. Misalnya merebus 6 kilo telur sekaligus, maka perhitungan waktu akan berbeda. (Saya sih belum uji coba ya kalau 6 kilo). Dalam percobaan saya max 6 telur dalam 1 panci kecil, dengan air setinggi telur tenggelam.

Previous Post Next Post

No Comments

Leave a Reply