Traveling Reviews

Transportasi Paling Murah dari dan ke Bandara Kuala Lumpur KLIA2

Cuz langsung saja!

Dari bandara KLIA2 ke pusat kota
Disini yang aku maksud pusat kota adalah KL Sentral (ya pakai S bukan C). Dari KL Sentral yang lokasinya memang ditengah tengah kuala lumpur, kita bisa memilih kemana saja tujuan lanjutan dengan berbagai macam pilihan moda transportasi. Pilihan transport dari Bandara baik KLIA1 maupun KLIA2 relatif sama. Taxi, Kereta KLIA Express, dan Bus. Sesuai Judul, maka aku bahas yang paling murah yaitu bus.

Dari terminal kedatangan KLIA2, lokasi pemberhentian bus berada 1 lantai di bawah terminal kedatangan. Ada eskalator di ujung lorong setelah pintu kedatangan (Setelah X-Ray terkahir ya). Eskalator tersebut akan membawa kita ke lantai dasar dimana bus stop berada. Di lantai dasar, (1st Floor) kita akan menjumpai beberapa loket-loket penjualan tiket bus. Silakan beli tiket bus di situ. Ada beberapa pilihan bus. Aku sendiri selalu pakai SKYBUS seharga 12 Ringgit untuk 1 dewasa. Ingat, kita bukan naik DAMRI. Jadi tiket tidak bisa dibeli dari kernet atau supir busnya. Setelah membeli tiket, kita bisa masuk ke bus yang telah tersedia di terminal yang ada di luar ruangan dimana kita beli tiket. Pastikan sebelum masuk ke bus, cek kembali dengan bertanya ke kernet apakah jurusan bus sudah sama.

Bus akan berangkat sesuai jadwal keberangkatan, atau bisa lebih cepat jika kursi sudah penuh duluan. Jadwal bus favorit saya ada kok disini. Tiket yang kita beli tidak terbatas waktu. Meskipun misal tertulis pukul 12.00 namun bus sudah penuh, jangan sedih. Tidak perlu beli tiket lagi, tinggal tunggu saja bus selanjutnya. Tiket masih berlaku asal tidak robek. Makanya jangan disobek ya.

Perjalanan akan memakan waktu 50 menit normalnya ke stasiun utama KL Sentral. Terkadang bisa mencapai 1,5 jam jika macet. Namun sepengalaman saya kulu kilir KL, semacet-macetnya belum pernah lebih dari 1,5 jam. Sesampainya di KL Sentral, diingat ingat lokasi turun ya. Karena disitulah tempat kita akan naik bus kembali ke KLIA2.

Sebagai referensi, ada juga kereta KLIA Express yang bisa membawa kita ke beberapa stasiun KLIA Express dengan jadwal [klik disini]. 55 Ringgit untuk single tiket ke KL Central dan 100 Ringgit untuk tiket PP. Cek juga di web KLIA Express ini, kadang-kadang mereka memiliki promo. Harga memang beda jauh ya. Tapi waktu tempuh juga lebih cepat yaitu 35 menit saja, tempat duduk lebih nyaman, serta dijamin tak ada musik-musik yang mungkin asing di kuping kita seperti kalau naik bus. Tapi personally saya tetap pilih bus.

 

Dari bandara pusat kota ke bandara KLIA
Jika memilih bus, maka mau tak mau kita harus pergi ke KL Sentral dahulu. Karena dari situ lah bus menuju KLIA2 berangkat. Lokasi terminal bus di KL Sentral ada di basement parkir KL Sentral. Setelah masuk lewat pintu utama, turun menggunakan eskalator setelah gerbang masuk. Atau jika kita datang dari mall NU Central, ikuti petunjuk papan arah, turun ke KL Central dari eskalator di lantai C, dan belok kanan dari eskalator tersebut, maka kita akan ketemu eskalator lain yang membawa kita turun ke basement. Beli tiket di loket yang ada, dan berangkat. Ada pilihan KLIA dan KLIA2. Pastikan membeli tiket dengan jurusan yang diinginkan. Keberangkatan bus ini sangat tepat jadwal keberangkatan. Sehingga kita akan lebih mudah memperhitungkan waktu keberangkatan ke KLIA2.

Alternatif lain ada KLIA Express yang juga dapat membawa kita dari KL Sentral ke KLIA2. Pilihan lain adalah menggunakan taxi online Grab. Rata-rata tarif dari kota ke bandara KLIA2 adalah 65 ringgit. Jika kita pergi rombongan max 4 orang dan barang tidak begitu banyak, Grab bisa menjadi pilihan yang lebih ngirit dengan waktu tempuh yang lebih fleksibel dari bus.Pemesanan Grab menggunakan aplikasi melalui smart phone. Bahkan jika kita telah memiliki Grab sebelumnya, tidak perlu daftar ulang. Sudah otomatis bisa dipakai. Mata uangnya akan berubah otomatis menjadi ringgit. Yaiya lawong kita kan di KL.

Jika kamu akan pergi ke Kuala Lumpur untuk yang pertama kali dan dengan budget yang pas-pasan, yasudah, terima saja, jadikan taxi online atau KLIA Express sebagai alternatif setelah bus untuk ke pusat kota dari bandara atau sebaliknya. Sementara untuk transportasi di dalam kota sendiri, semua jenis kereta dan bus cenderung murah dan mudah. Untuk melihat transportasi Kuala Lumpur, silakan simak postingan aku dimari. Thank you!

 

 

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply