Ukraina

Membuat Turis Visa Ukraina

Sebagai warga negara Indonesia, kita mendapat fasilitas kemudahan untuk membuat visa Ukraina secara Online alias tidak perlu datang ke kedutaan negara Ukraina di Jakarta.

Visa turis Ukraina bersifat single entry atau untuk sekali masuk saja. Visa turis nya sendiri berlaku untuk 6 bulan. Sedangkan jangka waktu tinggal yang diberikan adalah 30 hari terhitung sejak masuk Ukraina. Jika berniat membuat visa selain visa turis/bussines yang bersifat multiple entry, harus ke kedutaan dahulu, tidak bisa online.

Prosesnya cukup mudah, bisa dilakukan di manapun dan termasuk cepat. Berdasarkan pengalaman saya, langkah langkah pembuatan visa turis/bussiness secara online adalah:

Langkah pertama: mendaftar di website eVisa Ukraina. Cukup mudah mendaftarnya. Lebih mudah daripada mendaftar akun baru di media sosial.

Langkah kedua:Mengisi formulir aplikasi secara online. Silakan isi semua kolom pertanyaan sesuai fakta yang ada ya. Petunjuk komplit terkait pengisian dan jenis dokumen dalam bahasa inggris dapat dilihat disini.

Langkah ketiga: Upload dokumen-dokumen yang diperlukan di halaman yang sama dengan langkah kedua. Di halaman yang sama, kita akan diminta meng-upload beberapa dokumen. Dokumen-dokumen yang diperlukan antara lain:

  • Satu buah Pas Foto. Gunakan foto terbaru agar petugas imigrasi tidak terlalu cengoh melihat perbedaan yang ada antara foto dan kenyataan. Foto yang seperti apa yang benar, dapat dipelajari dari petunjuk di bawah kotak Foto, atau klik disini.
  • Passport. Yang dimaksud adalah halaman passport yang mengadung data personal alias halaman pertama saja. Beberapa orang mengatakan perlu menyertakan halaman-halaman lain di dalam passport yang telah mendapat stempel dari negara-negara lain bila ada. Namun saya sendiri hanya mencantumkan halaman pertama passport yang memuat foto dan identitas. Karena di halaman petunjuk jelas tertulis “the passport document pages, containing personal data“.
  • Polis asuransi kesehatan yang masih valid dan berlaku, dengan cakupan pertanggungan sejumlah 30.000 Euro atau setara itu dengan mata uang lainnya. Sudah banyak asuransi perjalanan yang menawarkan berbagai pilihan paket produk. Asuransi bulanan hingga harian pun sekarang ada. Saya membeli asuransi perjalanan internasional untuk 30 hari saja seharga sekitar 460 ribu. Banyak pilihan brand-brand asuransi. Asuransi perjalanan biasanya juga akan menanggung kehilangan barang hingga kerugian akibat pembatalan dan atau keterlambatan penerbangan. Namun yang jelas, konsulat Ukraina meminta asuransi yang dapat menanggung biaya terkait medical. Sehingga pastikan medical baik rawat inap mauupn jalan ada termasuk dalam hal-hal yang dapat di klaim dari asuransi pilihan kita.
  • Booking tiket masuk dan keluar dari Ukraina

Untuk lebih jelasnya, petunjuk pengisian dan jenis dokumen dalam bahasa inggris dapat dilihat disini.

Langkah keempat: Membayar biaya Visa sejumlah 65USD

Bukti booking tiket

– Bukti booking hotel

– Scan passport

– Dana 65 USD

– Asuransi perjalanan yang mencakup

Jika dokumen telah terkumpul dalam format pdf, kemudian memulai register aplikasi di link visa Ukraina yang resmi. Klik di sini.

Masukan semua data sesuai pertanyaan, upload dokumen, lakukan pembayaran dan tunggu maksimal 9 hari untuk balasan email terkait approval visa. Jika disetujui, visa elektronik akan langsung disertakan dalam balasan email. Saya sendiri mendapat balasan dalam 3 hari. Kemungkinan karena saya membuat hari Jumat, sedangkan Sabtu dan Minggu bukan hari kerja. Jadi ada kemungkinan lebih cepat jika mendaftar di hari kerja sebelum Jumat.

Setelah mendapat visa Ukraina elektronik, saya sangat sarankan untuk print juga selain menyimpannya di ponsel. Petugas Imigrasi akan menanyakan fisik visa turis kita.Semoga bermanfaat, happy trip 🙂

Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply