Life Hack and Technology

Pengalaman Menggunakan JNE Trucking

Pengalaman menggunakan JNE Trucking atau sering disebut JTR lumayan membuat saya kagum. Simak ya.
 
JTR merupakan salah satu jenis layanan pengiriman dari JNE yang menggunakan transportasi darat. JTR unggul karena harga nya yang jauh lebih murah dari jenis JNE lainnya seperti YES (yakin esok sampai) maupun Reguler. Namun tentu saja kita harus mempertimbangkan kebutuhan. Karena pengantaran barang dengan transportasi darat (Truk) tentu tidak bisa secepat transportasi udara (pesawat kargo)
 
DURASI
Pertama kali punya pengalaman menggunakan JNE Trucking, saya cukup puas. Awalnya was was. Tapi ternyata Pas. Dari segi waktu, agak unik. Meskipun di website nya tertulis perkiraan 4-5 hari, namun petugas di loket JNE sudah mewanti-wanti bahwa durasi pengantaran bisa mencapai maksimal 2 minggu alias 14 hari. Karena saya punya banyak waktu jadi tidak masalah. Saya melakukan pengiriman dua kali. Pertama, saya mengirim 10 koli barang dengan total 173 kg dari kota Prabumulih Sumatra Selatan ke Semarang Jawa Tengah. Sudah bersiap dengan penantian maksimal 14 hari, ternyata betul 5 hari sampai. Rabu pagi, 22 Juli 2020 saya ke loket setor barang dan Senin 27 Juli 2020 siang sampai di rumah Semarang. Beberapa review yang saya baca di Internet ada yang mengatakan 10 hari (padahal dekat dari jakarta ke sisi jakarta lain). Entah kenapa malah 10 hari. Mungkin terlalu dekat. Barangkali menunggu barang2 dari luar agar truck penuh dan baru jalan. Pengiriman kedua, hanya 1 koli seberat 15kg. Mengirim tanggal 29 Juli 2020 Pagi, dan sampai di Semarang 4 Agustus 2020. Wow masih 5 hari kerja. Hari sabtu masih terhitung hari kerja bagi JNE dengan minggu libur total. Dari kedua pengalaman tersebut, saya cukup puas dengan durasi nya.
 
HARGA
Nah ini yang paling menarik. Setelah survey sana sini, berhubunga barang yang harus saya kirim banyak sekali, maka saya putuskan menggunakan JTR. Perkilo dari Prabumulih ke Semarang adalah Rp.8.000,- saja. Murah nya juara, Pak Eko! Dengan ketentuan setiap koli minimal 10kg. Apabila satu koli kurang dari 10 kg, maka akan tetap dihitung 10kg. Cukup Fair sih karena angkutan ini memang menyasar barang-barang besar. Untuk cek tarif JTR dari dan ke kota lain, bisa dicek disini. Untuk yang ingin pindahan dengan barang ratusan kilo macam saya, cukup terbantu sih. Perbandingan dengan Reguler maupun Yes jelas jauh signifikan.Terkait harga, saya jatuh cinta.
 
 
KEAMANAN
Soal ini penting. Tentu kita ingin barang yang kita kirim sampai ke lokasi dalam kondisi utuh dan 100% baik. Dari pengalaman menggunakan JTR yang saya miliki, kita perlu lebih selektif menentukan jenis barang apa yang hendak kita kirim. Dari ke-10 koli, terdapat 1 koper berberat 32 kg dan 3 koper kecil berat masing-masing 11 hingga 14kg. Semua koper saya bungkus plastik hitam dan lakban biar tidak tergores. Begitu juga dengan bagian rodanya, saya bungkus sebagaimana rupa sengaja agar petugas meletakkan dengan posisi tidur. Terus terang saya agak khawatir tentang roda di koper akan patah. Karena JTR ini murah, tentu rasanya tidak bisa berharap terlalu baik. Tapi kupinang dengan Bismillah. Saat datang, semua koper dalam kondisi baik. Hanya 1 koper yang berisi paling ringan, 11kg mengalami patah roda 1. Roda nya patah. Marah? Tidak, saya sudah bersiap dari awal. Lagipula untungnya itu koper yang memang sudah sangat usang yang bakal mikir 5 kali untuk pakai traveling.
Itu koper. Lalu kardus. Saya sarankan pilihlah kardus yang kokoh. Sekalilagi kardus yang kokoh. Jika kardus sudah terlampau tipis atau terlalu banyak tambalan, sudah buang saja. Ganti yang lebih baik. Terdapat 1 kardus dengan berat 21 kilo hampir koyak saat sampai. Kardus tersebut berisi pakaian. Sehingga layak saja kalau penyot dengan mudah. Ada robekan di sudut yang hampir membuat isinya terburai. Apalagi memang kardus yang saya gunakan masuk kategori sudah tipis dan banyak tambal lakban sana-sini.
Jika isi barang bersifat sensitif seperti elektronik, saya sarankan tambah packing kayu. Memang ada tambahan biaya dan gak jadi murah. Tapi barangkali ada waktu bikin packing kayu sendiri, niscaya akan murah. Untuk barang seperti kaca umm… maaf saya belum berani berkomentar kalau kaca.

KESIMPULAN
Secara garis besar, saya puas dengan pengalaman menggunakan JNE Trucking. Faktor utamanya adalah harga dan durasi. Sangat meringankan beban finansial perantau yang akan pindah seperti saya. Soal keamanan, pintar-pintar kita dalam memperkirakan dan mengatur. Sekian, semoga bermanfaat.
 
 
Previous Post Next Post

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply